CARI DALAM BLOG INI

Thursday, July 23, 2009

KESABARAN NABI SAW

Kesabaran Nabi saw Ketika Mengajak Hakam Bin Kaisan Untuk Masuk Islam
13 Desember 2008 (gotabligh.com)



Dari Miqdad Bin Amar ra, ia berkata, “Pernah dalam suatu peperangan, aku menawan Hakam bin Kaisan. Lalu amir kami berniat akan memotong lehernya, tetapi aku berkata, “Biarkanlah dulu, kami akan membawanya ke hadapan Rasulullah saw!” Ketika kami membawanya kehadapan Rasulullah, Beliau mengajaknya untuk masuk Islam, tetapi dia hanya terdiam saja.
Melihat hal ini, Umar ra berkata, “Wahai Rasulullah, apa yang Engkau harapkan darinya? Demi Allah, sekali-kali dia tidak akan masuk Islam. Izinkanlah aku memotong lehernya supaya ia bisa langsung masuk neraka!”




Tetapi Rasulullah saw menolak usul Umar ra, sehingga akhirnya Hakam bin Kaisan masuk Islam. Umar ra pun menyesal akan perkataannya, dia khawatir kalau-kalau perkataan yang telah dia ucapkan itu akan merusak pahala amal kebaikannya yang dahulu maupun yang kemudian. Maka Umar ra berkata pada dirinya sendiri, “Kenapa aku membantah suatu perkara yang mana Rasulullah saw lebih mengetahuinyadaripada aku.



Kemudian kataku lagi, “Sesungguhnya aku melakukan hal itu semata-mata untuk kebaikan Allah dan Rasul-Nya.” Selanjutnya Umar ra berkata, “Setelah Hakam masuk Islam, ia menjadi seorang muslim yang baik dan ikut berjuang membela agama Allah sehingga ia mati syahid dalam peperangan Bi’ir Ma’unah, sedangkan Rasulullah saw ridha terhadapnya dan menyatakan bahwa ia masuk syurga.”

(HR. Ibnu Sa’ad seperti disebutkan dalam kitab Ath Thabaqaat jilid 4 halaman 137)


Menurut riwayat Ibnu Sa’ad juga yang diterima dari Az Zuhri, ia menceritakan bahwa ketika itu Hakam bin Kaisan bertanya kepada Nabi saw, “Apakah Islam itu?” Rasulullah saw menjawab, “Islam itu adalah kamu bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya.” Mendengar hal itu, Hakam berkata, “Aku akan masuk Islam.” Lalu Rasulullah saw menghadap ke arah para shahabat dan bersabda, “Seandainya tadi aku mengikuti keinginan kalian untuk membunuhnya, tentu sekarang dia sedang berada dalam neraka.”

No comments:

Post a Comment

JAZAKALLAH KERANA SUDI ZIARAH DAN BAGI KOMEN, INSYALLAH KALAU ADA KELAPANGAN SAYA AKAN BALAS KOMEN TUAN-TUAN.SILA TINGGALKAN E-MAIL / WEBSITE, INSYALLAH.

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails