CARI DALAM BLOG INI

Loading...

Tuesday, September 8, 2009

IJTIMA INDONESIA - KARKUZARI (www.galih.eu)

Istima BSD 2009 : Karghozari

Alhamdulillah sejak tanggal 17-20 Juli 2009 telah dilangsungkan acara Istima Ummat Islam bertempat di komplek kebon kelapa blok Catalina BSD Serpong.

Area Istima



Istima tahun 2009 ini mengambil lokasi yang sama dengan istima pada tahun sebelumnya. Area kebun kelapa hibrida di blok catalina BSD kembali dipilih sebagai tempat pertemuan. Siapapun yang pernah datang ke lokasi ini sebelumnya tidak akan lupa dengan gambaran istima tahun sebelumnya, bedanya adalah, luas medan istima menjadi lebih besar. Seluruh area kebun kelapa sepenuhnya digunakan sebagai lokasi medan istima dan disiapkan untuk menampung target awal 200.000 orang. Saya sendiri melihat area sekarang takjub juga dengan luasnya yang hampir 1,5 kali luas tahun lalu.









Kejadian penting

Tercatat beberapa hal yang menarik selama istima berlangsung :

• Jumat dinihari saat akan melangsungkan shalat tahajud, tercatat satu orang jamaah dari Sulawesi yang syahid, persis sesaat setelah mengambil wudlu. Selain itu juga tercatat 3 orang jamaah yang juga syahid dalam perjalanan menuju medan istima. Insya Allah mereka berpulang dalam keadaan yang terbaik, kita yang masih hidup mengirikan kematian mereka.

• Sabtu dinihari, sesaat sebelum masyaikh datang, turun hujan rintik-rintik. Insya Allah hujan ini rahmat, hanya sekitar 30 menit saja turun hujan rintik-rintik. Setelah itu, walaupun banyak yang terganggu tidurnya karena harus mengungsi, sebagian besar bisa melanjutkan tidurnya.

• Allah punya kehendak, bertahun-tahun istima diselenggarakan hampir tidak pernah ada masalah dengan listrik dan soundsystem, namun kali ini Allah berikan ujian dengan listrik dan soundsystem. Insya Allah semuanya ada hikmahnya.

Jumlah Yang Hadir dan Jamaah Yang terbentuk

Berdasasarkan data resmi, maka ummat islam yang hadir adalah sekitar 104.500 orang. Jumlah ini tentunya tidak sebagaimana target awal yaitu 200.000 orang. Namun demikian jumlah tersebut adalah jumlah maksimal sesuai dengan kapasitas lahan dan fasilitas yang tersedia di arena istima. Dari jumlah yang hadir, tercatat 1254 orang tamu luar negeri dengan jumlah terbanyak dari negara Myanmar.

Jamaah yang terbentuk dari istima :2517 Jamaah,dimana;

35 orang keluar 1 Th,
13 Jamaah ke negara jauh,
54 jamaah ke IPB,
110 jamaah 4 bulan jalan kaki,
499 jamaah 4 bulan biasa,
48 jamaah 40H jalan kaki, dan
1428 jamaah 40H.
Selain itu tercatat pula 310 jamaah dengan masa kurang dari 40H.

Berikut ini bebera link seputar karghozari istima BSD 2009 :
1. Blognya Abu Dira (http://abudira.wordpress.com)
2. Blognya Al Johan (http://aldjo.wordpress.com)
3. Opini Kompas (http://public.kompasiana.com)
4. Republika Online (http://www.republika.co.id)
5. Foto-Foto Istima (http://raditnet.blogspot.com)

No comments:

Post a Comment

JAZAKALLAH KERANA SUDI ZIARAH DAN BAGI KOMEN, INSYALLAH KALAU ADA KELAPANGAN SAYA AKAN BALAS KOMEN TUAN-TUAN.SILA TINGGALKAN E-MAIL / WEBSITE, INSYALLAH.

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails